Olah gerak

Posted: December 12, 2010 in Olah gerak

1,a).Persiapan mengikat rantai jangkar pd buoy

Segel antara rantai voorloop dan segel pertamanya dibuka,dan jangkar digantung,pilih jangkar kanan agar og nya mudah,

-Ujung rantai segel pertama dikeluarkan melalui ulup kanan dan keluarkan sebuah tali melalui roler pd lambung kanan dan ujungnya diikatkan pd halkah ke 3dr rantai tsb,

-Siapkan dan gantungkan mooring line agar ujungnya dpt diambil oleh mooring boat.apabila cuaca jelek gunakan tali buangan

b).gambar proses pemasangan rantai pd buoy

1.maju pelan hingga bui berada dilambung kanan,

2.berikan tros setelah terpasang,mesin mundur(haluan

kekanan buritan kekiri )

3.stop,tros dihibob seperlunya,hingga kpl dekat dgn

buoy,setela rantai terpasang rantai dihibob sampai

jarak minimun u/mengurangi tegangan.

c).slip wire diperlukan untuk mengikat kpl u/menahan kpl sementara pd waktu mau melepas rantai sewaktu mau berangkat.

2.a).cara mengetahui bagian kpl yg kandas yaitu dgn mengadakan peruman dalamnya perairan,disekeliling kpl u/membandingkannya dgn draft kpl semula hingga hingga dpt diketahui posisi kekandasan kpl disebelah mana

b).pemeriksaan kemungkinan adanya retak/bocor yaitu dgn mengadakan sounding tangki2 DB,ballast tank,got2 palkah,tangki2 BB,tangki muatan/palkah,dan bandingkan dgn data sebelum terjadi kandas,jika ada penambahan maka ada kemungkinan ocor/retak.

c).tindakan u/melepaskan dari kandas

-memompa tangki2 hingga kosong,membongkar muatan kedalam tongkang

-merobah tunggingnya dgn mengosongkan tangki2 disebelah mana kpl itu kandas dan mengisi tangki2dibagian kpl yg bebas mengapung

Gambar

mesin maju pelan sekali dgn kemudi kanan dan kemudian kiri secara bergantian membuat pelebaran di daerah depan, setelah ckp lebar mesin mundur & kapal dibawa menuju ke perairan yang dalam

3,a).informasi mengenai karakter kpl

-panjang kpl,lebar kpl,draft,type baling2,waktu kemudi dicikar kekiri/kanan,kecepatan pd waktu manuver dan rpm-nya,lingkaran putar,

b).UMC dan pilot advice artinya adalah

Pada dasarnya semua komando yang ada di atas kpl, ada di bwh tanggungjawab dan kekuasaan nahkoda. Dan dlm hal ini pandu hanya sbg penasihat krn pandu seorang navigator yg menguasai dgn baik kondisi dan situasi perairan tsb, namun demikian tdk mutlak semua nasehat atau komando hrs diikuti oleh nahkoda atau kapal jika nahkoda beranggapan nasehat pandu kurang tepat karena bagaimana pun nahkoda lebih tahu kondisi kapalnya dan jika terjadi sesuatu terhadap kapal maka pandu tdk bertanggungjawab

4.a).menghitung FWA Draft FWA = W/40 x TPC

nilai FWA ditambahkan dgn summer draft

b).critical rpm= Putaran pd saat beban longitudinal/putaran yg bergelombang,dgn kata lain putaran diatas putaran normal dan dibawah putaran normal

c).UKC=Under keel clearance yaitu jarak antara lunas kpl pd draft terdalmnya dgn dasar perairan dimana kpl tersebut berada

5.a).persiapan OG masuk dock

-Semua boulder dikpl siap ditempati tali2 kepil

-siapkan tali2 buangan

-lambung kpl harus bebas dr bagian2 kpl yg menonjol

-lubang scupper  ditutup,tangga akomodasi dilipat,batang pemuat dan crane ditidurkan dan kedua jangkar masuk diulup,

-semua peralatan yg dipasang dibawah lunas diangkat seperti sal log dll

-diusahakan agar kpl tidak senget dan trim 0,biasanya diberitahu.

b).pandu meminta data2 tsb:

sbg pertimbangan pd jam berapa kpl akan dibawa masuk sesuai dgn pasang surut

-u/memudahkan OG kpl

-agar kpl aman dan selamat sampai kpl berada diatas keel block.

ii

1.a).Exchange information yg diberikan:oleh Pandu  antara lain:Posisi pilot boarding area,assistan tug,informasi vts/traffic waktu transit,pergantian pandu bila ada,pelaksanaan sandar/berlabuh jangkar,pilot planned route(intended passage).

Oleh nakhoda antara lain:segera setelah pandu tiba dianjungan haluan kapal,speed,engine setting/telegraph,draft kpl,kondisi jangkar,tipe baling2,radar/arpa yg dipergunakan.

b).Nakhoda harus mengambil alih karena bagaimanapun nakhoda adalah orang yg bertanggung jawab terhadap keselamatan kpl,dlm hal ini pandu hanya sebagai asisten.

2). Terangkan bedanya antara:

2,a.Posisi jangkar ialah posisi pd waktu jangkar diletgo, Posisi kapal ialah posisi dimana jangkar tsb sudah makan,posisi jangkar digunakan u/mengetahui rewang kpl,posisi kpl digunakan u/mengamati jangkar makan/larat.

b.Emergency astern ialah pada saat kpl dlm keadaan full away krn sesuatu hal mengharuskan kpl langsung mundur tanpa mengganti bahan bakar,   Emergency ahead ialah sebaliknya

c.Jangkar makan ialah posisi jangkar dimana kpl tertahan/kpl diam,Jangkar menggaruk ialah posisi jangkar dimana kpl bergergerak.

d.Peraiarn wajib pandu ialah Pandu diwajibkan u/setiap kpl yg akan keluar/masuk pelabuhan.

Peraiaran pandu luar biasa ialah pandu dengan keadaan2 khusus mempunyai kelebihan untuk membawa kpl  diluar kebiasaan.

3.a).memasang slip wire

Slip wire dimasukkan kecincin bui dan ujungnya kembali ke kpl,slip wire dihibob ke kpl dan diatur agar lebih sedikit kendor daripada rantainya.slip wire ini gunanya tidak u/mengikat kpl,jadi tidak boleh

kencang.b).slip wire harus diletgo terakhir,penjelasan:

-slip wire dihibob pelan sampai massa kpl terletak pd   slip wire,rantai slek

-segel diikat dulu dgn tali buangan,lalu dilepas dari cincin buoy,

-letgo slip wire dan mesin mundur sampai kpl bebas.

4 a).Kemungkinan rantai berbelit yaitu selama berlabuh kedua rantai tidak sama2 tegang dan kpl berputar akibat dari arus/angin.

b).Melepas rantai yg terbelit

cara yg termudah adalah dgn bantuan kapal tunda untuk memutar buritan kpl berlawanan dgn arah belitan.

5 a).persiapan2 menghadapi cuaca buruk/keluar shelter:

–          Segera beritahu kkm/crew2,stand by mesin u/OG

–          Peralatan2 navigasi,mooring station dinyalakan dan siap u/digunakan

–          Jika mungkin lakukan comunikasi dgn port outhority melalui vhf.

–          Pintu2 kedap air,peralatan bongkar muat di secure sebagaiamana layaknya.

–          Rencana tempat shelter diplot dipeta.

b).memilih tempat shelter yg baik:

–          mempunyai peta yg berskala besar

–          terlindungi oleh pegunungan

–          tidak ada rintangan u/OG.

iii.

1 a.E,I nakhoda antara lain:segera setelah pandu tiba dianjungan haluan kapal,speed,engine setting/telegraph,draft kpl,kondisi jangkar,tipe baling2,radar/arpa yg dipergunakan.

b. Pandu antara lain:Posisi pilot boarding area,assistan tug,informasi vts/traffic waktu transit,pergantian pandu bila ada,pelaksanaan sandar/berlabuh jangkar,pilot planned route(intended passage).

2a.ukc 20 % yg melewati north sea berhubung kepadatan lalulintasnya dan arus yg kuat maka setiap kpl berlayar dgn under keel clearance(ukc)20%,yaitu jarak antara lunas kpl pd draft terdalamnya dgn dasar perairan sebesar 20%.dr draft kapal.

b).bila squat otomatis kpl tidak kandas karena besarnya UKC.

3 a).Critical rpm=Putaran pd saat beban longitudinal/putaran yg bergelombang,dgn kata lain putaran diatas putaran normal dan dibawah putaran normal,resikonya=kpl mengalami vibriasi yg bergelombang.

b). Gambar konstruksi penempatan bow thruster dgn sistem cpp

keuntungannya:Menghemat biaya assist tug,kpl berputar ditempat sehingga mempermudah OG kpl saat sandar/berangkat dr dermaga.

4a.Persiapan mengikat rantai jangkar pd sebuah buoy:

-Segel antara rantai voorloop dan segel pertamanya dibuka,dan jangkar digantung,pilih jangkar kanan agar og nya mudah,

-Ujung rantai segel pertama dikeluarkan melalui ulup kanan dan keluarkan sebuah tali melalui roler pd lambung kanan dan ujungnya diikatkan pd halkah ke 3dr rantai tsb,

-Siapkan dan gantungkan mooring line agar ujungnya dpt diambil oleh mooring boat.apabila cuaca jelek gunakan tali buangan

b).gambar:

 

1.maju pelan hingga bui berada dilambung kanan,

2.berikan tros setelah terpasang,mesin mundur(haluan

kekanan buritan kekiri )

3.stop,tros dihibob seperlunya,hingga kpl dekat dgn

buoy,setela rantai terpasang rantai dihibob sampai

jarak minimun u/mengurangi tegangan.

 

 

1.kpl dtng dengan yg cukup besar dan mesin maju

pelan,kira2 posisi A1 stop mesin letgo jangkar kiri

perhatikan arah rantai kpl A jgn sampai menindis

rantai kpl B

2.Pada waktu mesin stop buritan akan mendekati

dermaga (A2) Kirim spring depan,jangkar

menggaruk,mesin maju pelan kemudi cikar kiri dan

kecepatan buritan mendekati dermaga harus dijaga

3.pd posisi A3 stop kpl sejajar dgn dermaga kirim tali

depan/belakang u/merapatkan kedermaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s