Tugas jaga

Posted: December 12, 2010 in Uncategorized

Dinas di kpl meliputi:

1.    dinas harian: dilkukan pd hari2 kerja
2.    dinas jaga: dilkukan diluar jam kerja

Maksud dan tujuan dilaksanakan tugas jaga adlh:
1.    menjaga keamanan,keselamatn,ketertiban kpl,muatan,penumpang dan lingkungannya.
2.    mentaati peraturan dan ketentuan2 yg berlaku (inetrnasionl/Internasional)
3.    melaksanakan perintah/instruksi dari perusahaan maupun nakhoda (tertulis/lisan). Standing order/bridge order.

Bahaya2 yang dihadapi saat tugas jaga al:
1.    bahaya navigasi (kandas,drifting,cuaca buruk), tubrukan, pencemaran, kebkaran, kecelakaan, dll.

Macam2 peraturan yang berhubungan dg pengoperasian kapal al:
STCW 1978 (amandemen 1995)
SOLAS 1974
COLREG 1972 (resolusi IMO 1981)
MARPOL 1973/1978
Seluruh ketentuan yg terdapat di dlm ketentuan Hukum Maritim
ISM Code dan BTM

Prinsip umum tugas jaga
1.    pengaturan Tugas jaga di kapal oleh Nkahoda
2.    Komposisi tugas jaga
3.    nakoda mememimpin, mengarahkan dan membimbing para perwira tugas jaga.
4.    perlindungan linkungan laut (protection of marine environmenth)
5.    Look out (pengamatan) at 5
–    senantiasa waspada sec visual maupun pendengaran dan sgl cara lain thdp setiap perugahan situasi.
–    Membuat penilaian tepat thdp situasi dan resiko tubrukan kandas dan bahay2 navigasi lainnya.
–    Mendetiksi adanya kapal2 dan orang2 di dlm kead marabahaya, kerangka kpl dan bahay navigasi yang lain.

Pengamat harus memenuhi persyaratn:
1.    bertanggung jawab terhadap tugasnya/disiplin
2.    dapt dg cepat mengantisipasi kead/perubahanny untuk melakukan tindkan yg cepat demi keselam,atan kapal.
3.    menegrti dan dpdt menmpatkan diri thdp kead serta kesulitan orng lain, saling membantu.
4.    sehat jasmani & rohani
5.    memiliki kemampuan dan pengetahuan sesuai tugas dan kewajibannya,
6.    tdk di bebabni oleh tugas2 lain.dengan kata lain memiliki “Kebiasaan/kecakapan pelaut yang baik”
Hal2 yg harus diperhatikan pd saat serah terima jaga:
1.    Tdk menyerahkan tugas jaga kpd orang yang tidak mampu/sakit dll. Dlm hal ini nakhoda diberitahu,
2.    Perwira pengganti harus yakin bahw anggotanya benar2 siap melaksanakan tugs dg baik
3.    Semua petugas pengganti jaga telah menyesuaikan diri dg kegelapan.
4.    perwira pengganti telah yakin ttg bebbgai hal yg hars diketahui.
5.    Apabila tlah tiba waktu serah terima jaga ttp sdg menghindari bhya atau sdg mengolah gerk, harus di selesaikan terlabih dahulu sampai bhay telh lewat dan olah grk tlah selesai.

MELAKSANAKAN TUGAS JAGA NAVIGASI

Kewajiban2 Perwira Jaga Javigasi.
1.    Tdk meninggalkan anjungan sebelum di ganti.
2.    Terus melaksanakn tanggung jwb, walaupun nakhoda ada di anjunagn kec sec regas nakhoda mengambil alih.
3.    Jika ragu2 thdp apa yg akan dilakukan, sgera memberitahu nakhoda.
4.    Selalu memriksa haluan, posisi, kec dg menggunakan setiap peralatan yg sesuai.
5.    Menegetahui sepenuhnya letak semua alat2 navigasi dan pengoperasiannya serta keterbatsan alt2 tsb.
6.    Menggunkan perlatan navigasi seefectif mgkn.
7.    Tdk boleh diberi tugas lain yg dpat mengganggu keselamt navigsi.
8.    Jk menggunakan radar, harus mengingat ketentuan2 Colreg sehubungan dg penggunaan radr.
9.    Jk diperlukan tdk boleh ragu2 utk menggnakn kemudi, mesin dan semboyan bunyi.
10.    Mengetahui sifat ol gerk kpl, termasuk lingkaran putar dan jarak henti, serta menyadari bhw kapl2 lain mempnyai sifat yg berbeda2.
11.    Mencatat semua kegiatan berkaitan dg nav dan ol gerak.
12.    Jika akan masuk kamr peta, harus yakin kead tetp aman dan pengmatn tetp dilaksanakan.
13.    Melakukan pengujian alat2 sblm terjadi sesuatu yg membhyakan dan seblm sampai di tempt tujuan, jg seblm kpl berangkat.
14.    Melakukan dan memeriksa Compas standard paling sedikit sekali slama periode jaga dan setiap perubahan haluan yg cukup  besar.
15.    Membandingkan kompas standar dan kompas gyro sec berkala.
16.    Kemudi otomatis selalu di uji sec manual paling sedikit sekali selama periode jaga.
17.    Lampu2 navigasi dan lampu2 lain sll berfungsi dg baik.
18.    Peralatan komunikasi sll berfungsi dh baik.
19.    Peralatn kendali , indikator2 sllu berfungsi dg baik.

Perwira tugas jaga navigasi hrus sllu mematuhi SOLAS 1974:
–    Mempertimbangkan untk menempatkan seseorang utk mengganti kemudi otomatis dg kemudi tgn dlm saat yg tepat utk mencegah bhya yg akan timbul.
–    Pada wktu menggunakan kemudi otomatis tdk boleh membiarkan situasi berkembang sampai pd tingkat berbhaya sdgkan bantuan tdk dpt segera dtg ke anjugan.
Perwira tuags jaga harus sllu:
–    Mampu mengunakan alat2 nvgsi elktrinoc, jk di perlukan dan mengetahui sgla keterbatasan
–    Menggunakan radr setiap kali diperkirakan akan berkurangnya jark tampak dan terus menrus di perairan ramai
–    Menggunakan jarak jangkau radr yg memdai dan harus sllu dirubah sec berkala, shgga stiap sasaran dpt dipantau sedini mgkin.
–    Melakukan ploting sedini mgkan
–    Mengingat bhwa sasaran kecil dpt lolos dr pengmatan radar.
–    Menyadari bhw perum gema adlah alat yg sgat penting utk navigasi.

Perwira Tugas Jaga Navgs segera memberi tahu nakhoda apabila:
–    Terjadi atau di perkirakan akn terjadi berkurangnya jark tampak.
–    Ada kpl lain yg gerakannya memrlkan perhtain khusus.
–    Sulit mempertahankan haluan yg benar.
–    Tdk  melihat benda darat atau bul atau tdk memperoleh hasil pengukuran kedlmn air (sounding) pd wkt yg tleh diperkirakan.
–    Secara tdk terduga melihat benda darat atau bul atau terjadi kelainan hasil pengukuran kedlmn air
–    Terjadi kerusakan mesin, telegrap, mesin kemudi,peralatan penting lain untk nvgs, system alarm bhya dan indicator2.
–    Peralatan komunikasi tdk berfungsi,
–    Cuaca buruk yg mengakibatkan kemungkinan sesuatu kerusakan akan trjdi.
–    Menemui bhy nvgs, mslnya gunung es atau kerangka kpl
–    Menghadapi seyiap ked darurat.
Tugas Jaga Menghadapi Bahya Tubrukan

Perwira Jaga Harus:
1.    Menguasai dan memahami Peraturan utk mencegah tubrukan dilaut (COLREG) 1972
2.    Bertangg jwb thd Pelaksanaan semua aturan dlm COLREG 1972 (at 2)
3.    Melaksanakan pengamatan (Look Out) keliling yg layak (at 5)
4.    Menggerakkan kpl dg kec aman (at 6)
5.    Mengantisipasi dan mendeteksi adanya bhya tubrukan serta mengmbil tindakan dg tepat utk menghindari bhya tubrukan.

Tugas jaga pd setiap kead dan daerah pelayaran
Cuaca Baik:
–    Mengmbil baringan sec berkala thdp kpl2 yg mendekat utk mendeteksi adnya bhya tubrukan sec dini.
–    Senantiasa mengingat bhw resiko tubrukan masih tetap ada, walaupn terjadi perubhan baringan yaitu

thdp kpl2 besar atau sdg digandeng.
–    Mengmbil tindakan yg diperlukan untk mencgh tubrukan sesuai COLREG 1972
–    Memastikan bhw tindakan yg diambil membrikan hasil yg spt diinginkan.

Tampak Terbatas
–    Jika jark tampak kurang ato diperkirakan akan berkurang mk sesuai Colreg 1972, harus berlayar dg

kecepatan aman dan menyiapkan mesin utk ol grk.
–    Pd wktu mulai gelp perwir jaga meningkatkan peningkatan pengamatan dg menempatkan pengamat,

menyiapkan peralatan navgs yg diperlukan serta tindkn2 pengamat lain yg diperlukan.
–    Bila berlyr di dkt pantai gunakan pete dg skala besar yg sesuai.
–    Menentukan posisi sec berkala dan sesering mgk.
–    Perwira jaga harus dpt mengidentifikasi setiap benda nvgs yg relevan dan ada di peta.

Kapal Berlabuh Jangkar
Jika diperlukan nakhoda menetapkan untk dilaksanakan jaga nvgs sec terus-menerus, bukan jaga pelabuhan:
–    Segera stlh selasai berlabuh tentukan poss kpl pd peta yg sesuai.
–    Perwr jaga memeriksa poss kpl sec berkala, apkh tdk berubah dan tdk hnyut.
–    Jika kpl hanyut lakukan langkah2 yg perlu dan lapor nakhoda secepatnya
–    Memeriksa seluruh kpl (roda keliling)
–    Memeriksa cuaca dan arus serta psg surut dan mengamati kead laut.
–    Tanda2 siang hari dan malm hari
–    Memastikan bhw kesiapan mesin induk dan mesin2 lain pd kead yg sesuai dg pesan nakhoda
–    Bila jarak tampak berkurang, beritahu nakhoda
–    Pastikan bhw lampu2 tanda belbh jangkr atau tanda2 siang hari terpsang dg benar.
–    Melakukan langkah2 pencegahan pencemaran seuai dg peratrn yg berlaku

Keadaan Cuaca Berkabut
Pengamat harus ditingkatkan dg cara:
–    Memperhatiakn semboyan bunyi dr kpl lain dan memperkirakan ada atau tdknya bhy pelyrn.
–    Mengadakan pengamatan terus menerus sampai kemungkinana adnya bhy pelanggrn berlaku
–    Membunyikan semboyn bunyi bila ada perinth dr perwira jaga.
–    Menyalakan lmpu navgs.

Didaerah Bagan Pemisah Lalu Lintas
–    Menerima petugas tambhan untuk memegangi kemudi tangan
–    Meningkatkan pengamatan keliling

Didaerah Musim Dingin
–    Perhatikan hujan salju bila sdh menumpuk didek kpl menggnngu stabl kpl
–    Memberitahukan petugas untuk membersihkan dek dr salju
–    Perhatikan gunung dan bongkahan es yg hnyut

Tugas Mendampingi Pandu
–    Pandu harus membawa nota/kartu persetujuan
–    Memberitahukan kpd pandu ttg ala2 keselamtan yg diperlukan.
–    Rencana pely, kead cuaca, pengaturan menyandarkan kpl, penggunaan kpl tunda dan fasilitas2 lainnya

harus dijelaskan oleh pandu dan dimengerti oleh prwr dan nakhoda.
–    Grkan kpl dan semua printah2 pandu harus dipntau dg baik oleh nakhoda/prwr.
–    Keberadaan pandu tdk mengmbil tugas dan tanggung jawb perwr dan nakhoda.
–    Perwr, nakhoda dan pandu hrs saling tukar inform dan bkerja sama.
–    Jika ada keraguan mengenal tindakan pandu, perwr atau nakhoda meminta penjelasan kpd pandu.

Tanggung Jawab perwira jaga pelabuhan sbb:
1.    Menjaga keamanan kpl al: Pencurian, hanyut, kandas, kebakaran dan lain2.
2.    Menjalankan perintah nakhoda al: standing order, tingkat order yg sifatnya umum/khusus.
3.    Menjalankan perintah/ketentuan yg berlaku al: pemasangan, mencegah polusi air/udara, memasang bendera/semboyan yg diharuskan serrta mengikuti peraturan Bandar.

Tugas dan Tanggung Jawb Perwra Jaga saat kpl Berlabuh Jangkar.
–    Mengontrol keliling kpl thd perahu2 pencuri maupun yg lainnya
–    Memriksa posisi jangkr setaip saat, apakh jangkar menggaruk.
–    Menyalakan penerangan yg sesuai pd mlm hari dan memasang bola jgkar pd siang hari serta

memberikan isyrat bunyi dlm tampak terbats.
–    Membaca draft dan mencatat ship’s condt.

Tugas dan tanggung jawb perwira jaga saat kapal olah gerak
Pd wktu ol grk baik berlbuh jngkar maupun sandr atau berangkat mk tgs perwr jaga dibagi mjd 3 tmpat yaitu dihaluan, buritan dan anjungan.
Menyandarkan didermaga/ikat dibuoy:Tiba:
–    satu org perwr di haluan, satu di buritan utk memimpin tugas2 ditempt tsb.
–    Satu jam sblmnya memberitahu kpd kamr mesin, masinis jaga dan seluruh ank buah kpl.
–    Apabila diperlukan memsang semboyan2 karantina minta pandu, bendera negara yg di kunjungi dan lain2.
–    Menyiapkan ship’s condition
–    Moring winch disiapkan serta tros2,tali buangan
–    Di anjungan semua sarana ol gerak disiapkan dan dicoba
Berangkat:
–    Rencana berangkat diumumkan dan satu jam sebelumnya memberitahu kamr mesin, KKM /masinis jaga

serta semua ABK.
–    Kpl dibuat layak laut, seckoci dan jendela2/pintu diperiksa dan dironda apakah ada penumpang gelap.
–    Tiap kepal bgian dek, mesin, radio, catering memeriksa bagiannya dan anak buahnya masing2.
–    Usahakan stabilts kpl positif.
–    Memasang semboyan2 yg diperlukan
–    Dianjungan dan kmr mesin jam2 dicocokkan, saran ol grk disiapkan dan dicoba, alat2 nvgs disiapkan termsuk buku2 nvgs yg diperlukan
–    Jam2 pelaksanaan test dicatat di dlm buku jurnal

Tugas dan Tanggung Jawab Perwira Jaga saat kpl Bongkar Muat: dimuat dan
–    Membaca stowage plan muatan yg dibongkar, memperhatikan azas2pemuatan
–    Mengontrol bekerjanya peralatan muat bongkar spt blok, segel,ganco, tall guy, tali muat.
–    Membaca draft dan membuat ship’s condt.
–    Meronda keliling palka sehubungan dg stowage, pencurian lashing, tali maupun pemasangan alat2 keslmtn spt jala2 dll.

Menerima/menurunkan Pandu
–    Perkiraan wktu tiba(ETA) hrs tlh disampaikan kpd nakhoda/st pandu
–    Di sisi sebl mana pandu akan naik/turun
–    Jam barp stnby engine untk OG
–    Semua peralatan naik/turun pandu sdh di siapkan dan diatur
–    Seorang perwira ditunjuk untk menjemput / mengantar pandu

JAGA RADIO
Pengaturan Jaga::

Didalm menetapkan pelaksanaan jaga radio. Nakhoda wajib:
–    menjamin bhw jaga radio dilaksanakn sesuai dg ketentuan2 yg ada di dlm radio regulator dan Solas Convention
–    Menjamin bhw tugas2 utama di dlm jaga radio tdk terganggu oleh lalu lintas berita yang tdk relevan dg

keselamatn pelyrn dan nvgs kpl.
–    Memperhtikan peraltan radio yg ada di kpl dan kemempuan operasionalnya.

Pelaksannan Jaga Radio
Pada wktu melaksanakan tugs jaga radio, operator harus:
–    Menjamin bhw radio berada pd frekwensi gelombang radio yg ditetapkan didlam ardio regulator dan Solas
Convention
–    Selama tugas jaga selalu memeriksa peralatan2 yg dipakai serta sumber tenaga dan memberitahu

Nakhoda apabila tdk berfungsi sebgaimana seharusnya
–    Menyelenggarakan jurnal radio.

About these ads
Comments
  1. putri says:

    bravo pelaut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s