Tanya jawan ISM code

Posted: December 11, 2010 in Uncategorized

Elemen2 manakah dalam ISM yg didesain utk tujuan (monitoring) &  pengawasan (controlling), jelaskan masing2 lingkupnya.

Jawab:

Elemen yg dimaksud :

- Elemen 4: DPA

- Elemen 8: Kesiapan keadaan darurat

- Elemen 9: Laporan & Analisis ketidak Sesuaian, kecelakaan & kejadian Berbahaya.

- Elemen 11: Dokumentasi

- Elemen 12: Verifikasi perusahaan,tinjauan ulang & evaluasi.

Monitoring & Controlling, artinya:

- Sistim bekerja secara efisien

- Kebijaksanaan perusahaan dilaksanakan

- Kegiatan2 mengikuti prosedur2 yang ditetapkan

- Apakah instruksi2 telah  Dilaksanakan.

- Catatan2 yg dibuat.

Gambarkan maksud dibalik setiap persyaratan2 fungsional dari ISM Code ?

Jawab :

- Kebijakan keselamatan & perlindungan lingkungan.

- Instruksi & prosedur u/memastikan Pengoperasian aman kpl & perlindungan lingkungan dlm memenuhi hukum Internasional maupun hukum negara  bendera kpl yg berkaitan.

- Menentukan tingkat otorita & garis komunikasi antara personil darat & kpl.

- Prosedur pelaporan kecelakaan & ketidak sesuaian dgn ketentuan ISM code ini.

- Prosedur u/siap & tanggap terhadap Keadaan darurat.

- Prosedur u/audit internal & tinjau ulang Manajemen.

Jelaskan mengapa pengawasan dokumen adalah penting & apa yg dimaksud dgn pengertian ”Controlled Document & uncontroled document ?

Jawab :

Pengawasan document, adalah: penting, karena u/mengawasi semua document2 & data2 yg berhubungan dgn SMS.

Controled document, adalah: document2 yg masih berlaku, tersedia pd lokasi yg relevan, perubahan2 pd document ditinjau ulang & disyahkan oleh personil yg berwenang. Document yg tdk terpakai hrs ditiadakan pd waktunya.

Uncontroled document, adalah: documen2 yg mendukung SMS, tapi tdk perlu di verifikasi.

 

Sebutkan peraturan mana dari konvensi MARPOL 73/78 yg serupa dgn pengertian overiding authority, kepada seorang nakhoda.

Jawab :

ANNEX – 2 MARPOL 73/78, sbb :

- Peraturan yg diberikan kpd seorang Nakhoda dimana membuang substansi2  yg berbahaya u/kawasan dilarang kecuali u/tujuan menyelamatkan kpl & jiwa.

- Substansi2 berbahaya berdasarkan sifat2 Fisik kimia & biologis harus diperhitungkan untuk pengaturan bocoran yg keluar dari  Kpl dari pencucian  tangki, yaitu memenuhi tindakan tsb akan mengganggu keselamatan kpl & crew. 

Elemen2 manakah dr ISM Code yg dapat dijumpai bahwa konvensi STCW – 95 memberikan suatu dasar ketentuan utk pemenuhan akan persyaratan2 yg sama? Jelaskan dengan singkat.

Jawab :

- Dalam ISM Code disebutkan bahwa setiap kpl harus diawaki oleh pelaut2

yg memenuhi syarat & bersertifikat, sehat / fit secara medis,  sesuai dgn persyaratan nasional maupun internasional.

- Perusahaan dpt menetapkan & memelihara prosedur u/mengidentifikasi setiap  pelatihan yg mungkin disyaratkan dlm  rangka mengimplementasikan ISM Code

 

Sebutkan kelompok2 utama keadaan darurat potensial yg diidentifikasi dlm rencana kontijensi (Contigency Plan),

Jawab :

- Kebakaran

- Kapal kandas

- Kerusakan terhadap kpl

- Pencemaran (pollution)

- Kecelakaan personel

- Tindakan diluar hukum, yg mengancam keselamatan kpl, keamanan  terhadap penumpang & ABK

- Kecelakaan/ kerusakan muatan

- Bantuan keadaan darurat terhadap kapal lain.

Apa yg dimaksud dgn ”Master Review, jelaskan secara singkat.

Jawab :

Meninjau ulang sistim manajemen keselamatan & melaporkan kekurangan kepada manajemen darat yang dilakukan Nahkoda.

- Mengkaji ulang kebijaksanaan perusahaan yg diterapkan diatas kpl.

- Menganalisa mekanisme pelaksanaan dr Sistim manajemen keselamatan yg di buat  o/perusahaan dikpl.

- Menyampaikan laporan resmi kemanajemen perusahaan melalui DPA.

Jelaskan kegunaan suatu ”records” dlm sistim manajemen keselamatan dan berikan contoh2nya (10).

Jawab :

Records ialah: data yg terkumpul serta menjadikan bahan masukan bagi manajemen dlm perencanaan penyempurnaan yg disusun untuk diterapkan dalam operasi.

Contohnya :

- Catatan Latihan pemadamkebakaran.

- Catatan Latihan meninggalkan kapal

- Catatan Latihan orang jatuh kelaut

- Catatan Latihan kapal kandas

- Catatan Latihan pencegahan

Pencemaran (prevent pollution)

- Pengecekan kemudi / test kemudi

- Compass error record book

- Stowaway & bomb search record

- Ballast Record book

- Passengers / visitor record book

- Garbage record book

- Oil record book

- Radar record book.

- Radio / GMDSS record book

- Familiarisasi record, bagi crew yg baru naik diatas kapal.

- dll.

 

Bagaimana caranya nakhoda mengupayakan agar ABK mau memahami & menerapkan kebijaksanaan perusahaan akan keselamatan & pencegahan pencemaran laut ?

Jawab :

Memberikan Motivasi,Latihan Rutin, Pertemuan (safety Meeting) keselamatan.

Kegiatan2 dari sektor / elemen manakah yg perlu didokumen-tasikan dlm bentuk prosedur2 ?

Jawab :

Elemen yg perlu didokumentasikan dlm bentuk prosedur2 adalah :

- Elemen 6 : Sumber daya  & personel.

Perusahaan hrs menyusun & memelihara  Prosedur mengenai setiap pelatihan yg   mungkin disyaratkan dlm menunjang   sistim managemen keselamatan & memastikan bahwa pelatihan dimaksud diberikan kpd semua personil terkait.

- Elemen 8: Kesiapan darurat.

- Elemen 9: Laporan & analisa ketidak Sesuaian, kecelakaan & kejadian Rawan.

- Elemen 10: Pemeliharaan kpl dan perlengkapannya.

 

Naskah  no 2

Konstruksi kapal diatur dalam SOLAS, demikian pula mengenai perlengkapan muatan berbahaya, COLREG, MARPOL, LOAD LINE. Apakah yg sebenarnya yg diatur  dlm ISM Code?

Jawab:

Yang diatur dalam MKI (ISM), ialah :

- Pemenuhan dgn aturan & peraturan Wajib yg berkaitan dgn peng-

operasian aman kpl & perlindungan lingkungan.

- Implementasi & pemberlakuan yg Efektif oleh pemerintah.

 

Siapa atau badan apakah yang bertanggung jawab untuk memverifikasi & mensertifikasi dokumen pemenuhan suatu perusahaan pelayaran ? apakah pemerintah, badan klasifikasi badan lain ? jelaskan.

Jawab :

-       Pemerintah (flags state)

-       Badan yang ditunjuk oleh pemerintah (flags State)

-       Pemerintah lain yang diminta oleh pemerintah peserta konvensi.

Tujuan umum MKI, salah satunya adalah u/membentuk perlindungan terhadap semua resiko yg dikenali. Resiko2 apa sajakah yg menurut saudara yg perlu dibentuk perlindungan terhadapnya ? Sebutkan beberapa !

Jawab :

- Resiko kehilangan jiwa atau cedera

- Resiko kerusakan lingkungan

- Resiko kerusakan harta benda.

 

Apakah kaitan antara MKI (ISM) dgn ketentuan IALA (International Association of Lighthouse Authority) ?

Jawab :

MKI / ISM adalah peraturan manajemen internasional mengenai pengoperasian yg aman bagi kpl2 dan dapat mencegah pencemaran lingkungan.

IALA (International Association of Lighthouse Authority), adalah suatu badan dunia non pemerintah yg bersama para wakil dari negara2 penyelenggara sarana bantu navigasi pelayaran.

Jadi kaitan antara MKI dan IALA adalah keduanya saling terkait utk kepentingan keselamata pelayaran.

Sebutkan & jelaskan apa yg disebut Perusahaan (Company) menurut MKI?

Jawab :

Perusahaan berarti pemilik kpl, a/organisasi lain, a/perorangan, seperti manager  a/pencarter kpl polos, yg mengambil tanggung jawab dr pemilik kpl atas pengoperasian kpl, bersedia mengambil alih seluruh tugas & tanggung jawab yg dibebankan dlm kodefikasi.

Naskah  No 3

Salah satu elemen MKI menyebutkan, agar  kpl membuat rancangan kesiapan darurat, apakah maksudnya ?

Jawab :

Kesiapan darurat adalah prosedur keselamatan yg dibuat o/perusahaan u/ menaggulangi keadaan marabahaya yg dpt  mengancam keselamatan jiwa, kpl & lingkungan sekitar (pencemaran) yg mencakup :

- Prosedur u/mengenal & menjelaskan & Tanggap atas keadaan darurat yg terjadi diatas kpl.

- Menyusun program u/praktek & latihan Guna persiapan u/tindakan darurat.

- Menyiapkan alat ukur u/memastikan Bahwa organisasi perusahaan dpt Tanggap setiap saat thd keadaan darurat.

Contoh: Keadaan darurat: Kebakaran, Kpl Tenggelam, orang jatuh kelaut, pencemaran, dll.

 

Apakah kaitannya antara MKI (ISM) dgn STCW ? Jelaskan !

Jawab :

- Dalam ISM Code disebutkan bahwa setiap kpl harus diawaki oleh pelaut2

yg memenuhi syarat & bersertifikat sesuai dgn persyaratan nasional maupun internasional.

- Perusahaan dpt menetapkan & memelihara prosedur untuk mengidentifikasi setiap pelatihan yg mungkin disyaratkan dalam  rangka mengimplementasikan ISM Code.

 

Melihat tugas & tanggung jawab DPA, menurut saudara apakah persyaratan yg harus dipenuhi seseorang u/diangkat menjadi DPA ?

Jawab :

- Mempunyai  pengalaman berlayar

- Mempunyai pengetahuan tentang SMS / ISM Code

- Mempunyai komitmen yg kuat ttg SMS

- mempunyai kualifikasi akademik

- Mempunyai hubungan yg luas, baik Horizontal maupun vertikal.

- Mempunyai kepandaian berkomunikasi

- Memiliki pengetahuan tentang pollution.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s